Kamis, 18 Juni 2020

PERJALANAN SANG BLOGGER BRIAN PRASETYAWAN

Resume Pertemuan 7 Belajar Menulis bersama Mr. Brian

Hari Senin, tanggal 15 Juni 2020 pukul 19.00 s.d. 21.00

Nama: Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd

Tempat tgl lahir: Jakarta, 30 Juni 1992

Pendidikan:         S1 PGSD

Pekerjaan:           Guru SD

Tempat tinggal:   Bekasi

Aktivitas lain:     ngeblog sejak 2009, Menulis buku,  puluhan artikel dimuat media cetak.

Seperti biasa malam ini merupakan perkuliahan ke-7 belajar menulis bersama Omjay dan kawan kawan. Malam ini dimoderatori oleh Ibu Fatimah dari aceh dan sebagai narasumbernya Bapak Brian Prasetyawan, S.Pd. Beliau adalah seorang guru SD di Bekasi.

Perkulihan diawali dengan salam. Mr. Brian merasa senang bisa berinteraksi dengan guru- guru yang hebat serta sama-sama suka menulis. Mr. Brian juga merasa  deg-degan karena harus menyampaikan materi kepada bapak/ibu yang sudah jauh berpengalaman. Pengalaman beliau menjadi guru masih seumur jagung. Maka sebenarnya bapak/ibu sekalian yang menjadi panutan untuk beliau. Maka beliau  malam ini ingin sharing saja. Beliau kebetulan sudah suka ngeblog sejak 2009. Beliau ngeblog di blogger.com. untuk itu maka sharing beliau malam ini seputar ngeblog di blogger.com. dan sedikit kisah menerbitkan buku. Beliau tidak membahas tentang teknik menulis atau aturan menulis karena memang beliau merasa belum layak untuk porsi tersebut. Beliau sendiri masih terus belajar tentang cara menulis yang baik dan menarik. Maka dari itu Beliau bergabung dengan grup belajar menulis Om Jay ini.

Berawal dari peserta saja, Beliau kemudian tergerak untuk membantu bapak/ibu peserta lain yang kesulitan dalam membuat/menggunakan blog. Kebetulan beliau sudah hobi ngeblog sejak 2009, sehingga sedikit-sedikit saya bisa membantu bapak/ibu.

Mengapa Beliau mau membantu? Poin utamanya adalah beliau ingin punya banyak teman-teman guru blogger. Beliau ingin bapak/ibu tidak merasa bahwa blog itu media yang sulit digunakan. Beliau khawatir jika kesulitan yang dialami tak kunjung mendapat solusi, bapak/ibu akan meninggalkan blog.

Sebelum bergabung dengan grup ini, selama ini Beliau merasa sendirian saja menjadi guru blogger. Beliau bersyukur dipertemukan dengan grup ini sehingga dapat berjumpa dengan guru-guru blogger luar biasa di seluruh Indonesia. Makabeliau berharap grup ini nantinya tetap eksis.

Sebagai awal, silakan bapak/ibu baca artikel di blog beliau berikut:

http://www.praszetyawan.com/2020/06/menjaga-konsistensi-ngeblog-11-tahun.html

Jadi dari tulisan itu, disimpulkan bahwa motivasi menjadi faktor penting untuk menjaga konsistensi ngeblog. Sekarang ini banyak blogger yang terjebak pada motivasi yang berorientasi pada hasil, khususnya penghasilan dari iklan. Ini motivasi yang sebaiknya dihindari, karena jika tak kunjung dapat penghasilan, kita akan mudah meninggalkan blog. Memasang iklan boleh saja tapi jangan terlalu banyak berharap.

Apalagi bagi blogger yang baru membuat blog, perlu menunggu minimal 6 bulan jika ingin mendaftarkan blognya ke google adsense, itu pun tidak dijamin pasti diterima.

Jadi perlu diluruskan, bahwa  tujuan awal bergabung dengan grup ini untuk mengasah kemampuan menulis hingga menerbitkan buku. Blog digunakan sebagai media tempat menulis saja.

 

Ide Tulisan

Kurangnya Ide tulisan kerap menjadi penghambat aktivitas menulis, Terkadang sudah berada di depan laptop dan siap menulis, tapi masih bingung mau menulis apa. Menurut beliau tidak perlu menunggu ide/kejadian hebat untuk bisa menulis. Beliau memiliki prinsip, hal biasa yang dilakukan/dialami bisa jadi dianggap luar biasa bagi orang lain. Maka hal yang paling mudah ditulis adalah pengalaman/aktivitas sehari-hari di rumah atau di tempat kerja. Apalagi guru, tentu punya banyak cerita.

Teknis penggunaan blogger

Hal terbaru dari blogspot adalah blogger.com perlahan-lahan menuju perubahan tampilan baru. Saat ini, jika baru membuat blog, maka secara otomatis kita disajikan penampilan baru blogger.com. Namun ini masih tahap uji coba. Kita masih dapat mengembalikan ke  tampilan lama blogger. Namun suatu saat nanti pasti tampilan baru akan menjadi permanen. Maka sebaiknya bapak/ibu sedikit demi sedikit mulai membiasakan diri dengan tampilan baru blogger.com. Blogger.com memang kerap mengubah tampilan. Sudah tak terhitung berapa kali berubah tampilan sejak saya pertama kali ngeblog pada tahun 2009.

Karya buku dari blog Beliau: buku blog

sejak ngeblog pada 2009, beliau  telah membuat sejumlah blog untuk berbagai kepentingan

Bisa dilihat disini:

https://www.praszetyawan.com/p/my-other-blog.html

Saat ini beliau  memiliki dua buku Solo. Pertama buku blog untuk guru yang sudah saya sebutkan tadi.

Kedua buku aksi literasi guru masa kini baru terbit bulan lalu. Buku kedua ini berisi kumpulan artikel yang berasal dari blog praszetyawan.com dan blog gurusiana.Beliau pilih-pilih yang sesuai dengan tema buku yaitu literasi. Sebagian lainnya merupakan tulisan baru yang belum pernah diposting ke blog.

Dalam waktu dekat buku solo ketiga beliau akan terbit. Berjudul “Menerjang Tantangan Menulis Setiap Hari” berisi tentang best practice, aktivitas di sekolah, dan opini pendidikan. Tulisan-tulisan itu beliau buat ketika mengikuti program tantangan menulis setiap hari yang diadakan gurusiana.

Selain 3 buku solo, Mr. Brian  juga membuat 1 buku antologi cerita mini bersama siswa sekelas dengan tema hobi.

Semua buku tersebut masih diterbitkan di penerbit indie. Maka dari itu Mr. Brian masih belajar menulis agar suatu saat memiliki buku yang terbit di penerbit mayor.

Terakhir, Beliau  mau berbagi tips membukukan tulisan yang berasal dari blog. Tipsnya silakan dibuka di blog beliau berikut ini:

https://www.praszetyawan.com/2020/06/membukukan-tulisan-di-blog.html

 

 

Sessi Pertanyaan

Pertanyaan 1

Titin Sumartini dari Subang

1.Mengapa kita harus pilih salahsatu blogspot atau wordpress, mengapa tidak boleh keduanya?

2.Karena saya baru jg di dunia blogger, yg di maksud tampilan lama dan baru itu seperti apa?

3.Menjadi seorang blogger yg sukses butuh brp lama, hingga dpt menghasilkan rupiah

Jawaban 1

1. Oh tentu saja boleh kalau mau coba pakai keduanya. Justru itu menjadi jawaban terbaik dibalik pertanyaan blogger vs wordpress. Usahakan tetap konsisten jika mau mengelola kedua blog itu

2. tampilan lama dan baru itu terkait tombol-tombol/simbol-simbol pada fitur blogger yang berubah

3. tidak ada ukuran yang pasti. Tergantung masing-masing individu dan ilmu yang didapaynya.

Mr. Brian jujur bahwa beliau sendiri tidak terlalu memperdalam ilmu cara menghasilkan uang dari memasang iklan di blog. Menurut beliau  perlu tema/topik utama dalam sebuah buku karena itu yang akan menjadi pedoman menyusun buku. karena jika tidak dilandasi tema, pembaca akan bingung. Apa yang ingin disampaikan dari buku tersebut

 Pertanyaan 2:

 Eti Haryati dari Bogor

Saya baru belajar membuat Blog dikelas ini.jadi masih awam sekali tentang blog.sehingga ketika ingin membuat resume pada akhir kuliah ini selalu terhambat, inginnya membuat resume seperti yg lain lebih bagus, tetapi apa daya ketika belajar memuat Vidio di blog tak kunjung bisa.berusaha browsing tetapi memakan waktu lama akhirnya resume tidak selesai. Mohon bagaimana caranya supaya saya bisa selalu tetap menulis d blog? karena kalo sudah ketinggalan seperti itu terus terang saya suka dibiarkan tidak dilanjutkan

Jawaban:

Jika ada kesulitan teknis seperti itu silakan japri saya bu. Saya ingin peserta grup ini tidak terhambat dalam menulis di blog

tips dari saya: setidaknya ibu memposting tulisan dahulu. Pernak-pernik seperti gambar dan video bisa ditambahkan di lain waktu karena tulisan yang sudah dipublish, bisa di edit lagi

Pertanyaan 3

 Saya M. H. Pahdi dr Banjarmasin Gel. 12

Bagaimana cara yg cepat agar Blog kita dapat ditemukan di pencarian google?

Jawaban 3:

ada beberapa tips:

1. buatlah tulisan yang masih jarang di posting oleh web/blog lain.

2. Mendaftarkan blog ke google webmaster. Ini teknik blog yang lumayan perlu waktu untuk memahaminya. Tapi jika sudah bisa, sangat ampuh langsung memunculkan blog kita di halaman pertama google.  Di lain waktu saya akan membuat videonya

Pertanyaan 4:

Perkenalkan Saya Santi dari Jayapura

Saya salut dengan cara Bapak menyajikan materi  Tertata dan sistematis. Terlihat bahwa Pak Brian menguasi dunia yg sedang dijalani.Yang saya mau tanyakan

1.Bapak kan sudah banyak pengalaman ngeblok dan menulis juga menerbitkan buku. Tapi kok masih bergabung juga di group belajar menulis bersama OmJay,Apakah karena Bapak pengurus PGRI atau karena apa? Mohon dimaafkan jika pertanyaannya tidak berkenan. Karena dalam group Om Jay ini anggota nya buanyaaaak sekali pakar pakar dalam dunia tulis menulis.

2.  Bagaiman bapak mengelolan kelas di tempat bapak mengajar apakah siswanya juga belajar dengan blog saat PJJ masa Covid 19?

Jawaban 4:

 1. Saya ikut grup menulis ini karena memang saya masih belum pernah ikut grup nulis manapun. Saya menulis berdasarkan yang ada dipikiran saya saja. Saya perlu ilmu-ilmu teknik menulis yang memberi saya pencerahan.

2.iya tentu saja siswa saya belajar lewat blog yang saya buat. alamatnya: www.bahastematiksd.blogspot.com

 Pertanyaan 5:

Assalamualaikum bapak ibu narasumber saya atas nama Edi Syahputra.H dari Aceh, sudah menerbitkan buku dua buah, tapi penerbit nya penerbit indie. Apakah bisa kita menerbitkan buku setahun dua buku atau lebih.

Jawaban 5:

Iya tentu saja bisa pak menerbitkan sejumlah buku dalam setahun. JIka memang sudah memiliki naskah yang siap diterbitkan. Yang tidak boleh adalah mengirim satu naskah yang sama ke dua penerbit yang berbeda

Pertanyaan 6:

Selamat malam pak brian..terimakasih ilmunya.saya sumarjiyati dr GK.Saya mengenal blog baru setelah mngikuti pekatihan menulis ini.dan isi blog saya masih campur aduk.mulai dari resume kgiatan kuliah menulis,tentang mkaban ttng kejadian2 yang saya alami selama ini. Yg mau saya tanyakan. Bgmna cara memasukan/mengisi blog kita dengan administrasi pembelajaran agar temen2 dpt mengakses administrasi di blog kita misal rpp dll.slma ini blm pernh mncoba mngisi dg file yg berbentuk kolom2.misal kisi2 soal.atau pngolahan nilai.

 

Jawaban 6:

Solusinya dengan memposting file microsoft word/excel administrasi tersebut. Caranya bisa lihat video ini:

https://www.youtube.com/watch?v=3JXAjIPmsQ4

intinya upload dulu file administrasi ke google drive. Lalu pasang file di google drive ke blog

Pertanyaan 7:

Sri Budiarti dari Bantul, Jogjakarta  Gelombang : 12.  Mengapa Pak Brian lebih memilih ngeblog di blogger,  apa yang membuat Bp betah ngeblog di blogger. com dari sejak tahun 2009 hingga sekarang

Jawaban 7:

Nah kebetulan memang pertama kali saya diperkenalkan teman saya dengan blog blogger. Yang membuat betah itu karena saya sudah terbiasa menggunakan fitur di blogger. Memang ada orang yang awalnya pakai blogger lalu pindah pakai wordpress. Tapi saya masih kaku memahami dan menggunakan fitur yang ada di wordpress

Pertanyaan 8:

 Assalamualaikum Sy Noorlanyati,  dr Semarang, gel 11.

1. Bagaimana memotivasi diri agar bisa menulis setiap hari.  Td dikatakan, sdh siap di dpn laptop tp ide gak muncul.  Padahal keinginan untuk menulis ada, tp gak tahu apa yg mau ditulis.

2. Misal kita punya tulisan di blog yg tdk ada nichenya, lalu kita mau membukukan. Apakah harus  1 buku 1 niche? Bolehkah 1 buku isinya bbrp niche? 

Jawaban 8:

 1. Kalau saya motivasinya dilandasi target yang harus dipenuhi. Targetnya adalah blog harus update. Jika target sudah terpenuhi maka kita akan puas/senang. Dan kembali semangat untuk ngeblog lagi di kemudian hari. Terkait ide, tadi saya sudah jelaskan

2. boleh 1 buku beberapa niche, tapi niche2 tersebut masih memiliki kesamaan misalnya niche best practice, opini pendidikan, aktivitasi sekolah, itu semua masih memiliki persamaan yaitu pendidikan

Pertanyaan 9:

Saya Kartini dari SLBN Bekasi Jaya. Apakah sebuah blog itu ada masa berlakunya? Maksudnya jika kita tidak membukanya atau menuliskan sesuatu disana dalam kurun waktu yg lama apakah akan hilang atau tetap masih bisa digunakan?

Jawaban 9:

blog tidak ada masa berlakunya. Misalnya Blog dari 2008 dan sudah ditinggalkan pemiliknya pun masih ada di google. Tapi yang sering terjadi adalah, pemilik blog lupa email/password akun blognya sehingga blog tidak bisa dipakai. Sangat disayangkan blog terlantar begitu saja

Pertanyaan 10:

 Sahat Serasi Naibaho dari Sumatera Utara mau menanyakan ttg:

1. Penjelasan lebih jauh tentang Google adsense pak karena saya masih baru mendengar nya

2. Bagaimana supaya blog kita banyak dikunjungi orang pak,

Jawaban 10

 1. oke saya sharing hal seputar google adsense yang saya tahu. Google adsense akan membayar kita jika ada orang yang mengklik iklan yang ada di blog kita. Jika tidak ada yang mengklik iklan, ada perhitungan kita dibayar berdasarkan seberapa banyak iklan kita dilihat pengunjung. Tapi di awal, bayarannya kecil sekali. Masih jauh lebih mahal parkir motor (Rp 2000) hehe..Dan pencairannya menunggu sampai kita dapat 100 dollar entah harus berapa tahun itu menunggunya

2. agar blog dikunjungi banyak orang:

- share link blog ke medsos

- bergabung dengan grup blogger, sehingga kita bisa share tulisan kita di grup itu. Contoh grup blogger: Warung Blogger

- membuat tulisan tips/how to yang banyak dicari orang

Setelah mengikuti perkuliahan belajar menulis bersama Mr BamS secara online melalui WAG, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:

1.   menulis di blog bisa menjadi modal awal untuk membuat kumpulan tulisan kita menjadi buku.

2.   Jangan sampai kesulitan dalam ngeblog membuat kita menyerah menulis.

3.   Kita beruntung tergabung dengan grup ini sehingga bisa saling membantu dan mendukung

4.   Menulislah dengan lepas tanpa beban , apakah tulisan kita sudah bagus atau belum, akan banyak yang baca atau tidak.

5.   Hal biasa menurut kita bisa dianggap luar biasa bahkan menginspirasi orang lain. Maka menulislah kita

Demikian yang dapat saya serap pada perkuliahan malam ini semoga bermanfaat dan tetap semangat. Salam literasi…!


11 komentar:

  1. Sangat bermanfaat Bu, mantab sekali..👍

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat...semoga mwnginspirasi...terutama saya....amin

    BalasHapus
  3. inspiratif, jadi pengin buat blog lagi. oh ya, saya sdh pernah buat blog, tapi dah lama tdk terurus, akhirnya lupa mo login 🤗

    BalasHapus
  4. Yg muda yg berkarya,
    Hebat, ayo bantu guru2 lain untuk berkarya jg.
    👍👍👍

    BalasHapus
  5. Inspiratif bu... semangat ibu

    BalasHapus
  6. Sangat Bagus Bu, menjadikan inspirasi bagi yang lain untuk menulis

    BalasHapus
  7. Sangat bermanfaat buat kita semua. Matur nuwun

    BalasHapus
  8. Bagus, dpt menginspirasi kita

    BalasHapus
  9. Inspirasi yang sangat menarik👍

    BalasHapus