Kamis, 04 Juni 2020

Sang Editor Tersohor Ibu Hati Nurahayu

Kuliah Online Kedua  Belajar Menulis gelombang 12 bersama Editor Tersohor Ibu Hati Nurahayu

Hari Rabu tanggal 3 Juni 2020 pukul 19.00 s.d. 21.00 WIB

Resume: oleh Endang Titik Lestari, M.Pd

Kuliah online kedua pun tiba. Saya ikuti perkuliahan dengan seksama. Detik demi detik, menit demi menit, dan tak terasa sudah berganti jam. Saya pahami dari kata, frase dan kalimat yang disampaikan Ibu Hati sang Editor tersohor. Sangat menarik karena apa yang saya lakukan ternyata dilakukan pula oleh sang Editor tersohor ini. Walaupun saya yakin mungkin  buku saya tidak seindah dan sebagus karya Sang Editor tersohor tersebut. Setidaknya saya bisa memetik ilmunya dan belajar banyak kepada Beliau.

Memang benar kata Beliau bahwa PTK dapat digunakan untuk usul kenaikan pangkat, khususnya Guru PNS. Semua guru pastinya harus menulis untuk memenuhi kenaikan pangkat tersebut.Dalam menyusun PTK memang susah-susah gampang. Latar belakang PTK merupakan modal atau titik awal PTK dapat dilakukan.

PTK juga bisa diajukan kenaikan pangkat dengan nilai versi lain, yaitu melalui artikel yang dijurnalkan, dapat pula dijadikan buku. Buku ini juga memiliki kebermanfaatan lain sebagai bahan literasi bacaan guru lain dalam melakukan PTKnya.

Setiap guru dalam menyusun PTK banyak versi dan mempunyai ciri khas sendiri-sendiri. Sang Editor tersohor bercerita bahwa setiap menerima banyak naskah untuk diterbitkan dari penulis, dan tentunya tidak langsung asal menerbitkan cetak hasil PTK. Tetapi mengubahnya agar lebih oke dan menarik penampakannya untuk dibaca dan dilihat.

Dalam mengubah PTK menjadi buku menurut Sang Editor tersohor Ibu Hati ada 2 versi. Yaitu Versi 1 dan Versi 2.

Dari perkuliah Ibu hati Sang Editor Tersohor tersebut dapat disimpulkan:

PTK, Best practice, dan karya tulis ilmiah (KTI) lainnya dapat dibukukan yang ber-ISBN sehingga double manfaat untuk dibaca dan juga sebagai  referensi sehingga karya kita tak lekang oleh waktu kebermanfaatnnya.

Selamat berkarya tetap semangat dan salam literasi…!


5 komentar:

  1. Alhamdulillah, singkat dan jelas lanjutkan menulis jangan pernah berhenti terimakasih

    BalasHapus
  2. Tulisan kita yang sederhana bisa menjadi luar biasa dibantu oleh keahlian editor, perlu sinergi ya Bu untuk hasil yang terbaik, mantap ibu.

    BalasHapus