Selasa, 02 Juni 2020

Kisah Sukses Seorang Blogger Ternama (Om Jay)

Kuliah Perdana Belajar Menulis Bersama Om Jay
hari Senin, tanggal 1 Juni 2020 pukul 19.00 s.d. 21.00

Kuliah Perdana Belajar Menulis Gelombang 12 oleh Om Jay

Hari Senin, Tanggal 1 Juni 2020 pukul 19.00 s.d. 21.00

Resume:

 

Banyak orang tidak tahu bahwa menulis buku itu memerlukan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu Om Jay menulis di blog setiap hari. Dengan begitu Om Jay bisa membuat buku dari hasil menulis di blog. Sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit. Tema itulah yang malam ini Beliau berikan dari wa group gelombang 1 sampai 12 secara online di wa group

 

Om Jay bercerita bahwa “Buku Catatan Harian Seorang Guru Blogger” diterbitkan dalam waktu 6 bulan. Dan sebagai editornya adalah Pak Sukarno. Selama pengeditan mereka tidak pernah bertatap muka sekalipun. Pak Sukarno mengerjakannya di Semarang. Sedangkan Om Jay ada di Bekasi. Mereka berkomunikasi hanya lewat wa saja. Tulisan diambil dari kisah nyata Om Jay yang ditulis di blog kompasiana.com/wijayalabs.

 

Sedangkan Buku yang berjudul “Melejitkan Keterampilan Menulis Siswa” diterbitkan dalam waktu 3 bulan. Buku tersebut diangkat dari hasil Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang lolos masuk final lomba karya tulis inovasi pembelajaran tingkat nasional. Berkat PTK tersebut Om Jay mendapatkan laptop baru, uang jutaan rupiah dan gratis naik pesawat Garuda Indonesia serta menginap di hotel bintang 5 di Bali.

 

Awalnya Beliau tidak tahu kalau hasil PTK bisa dijadikan buku ber-ISBN. Setelah belajar dengan  Pak Lukman di Jawa Timur lewat online, Om Jay menjadi tahu ilmunya.Ibu Hati di Bandung menawarkan diri menjadi editornya. Tentu saja Om Jay senang sekali karena belum punya pengalaman sama sekali menulis buku dari hasil PTK. Alhamdulillah buku itu jadi dan banyak yang memesannya. Berkat membuat laporan PTK yang baik, Beliau dapat hadiah kuliah di China Unyversity of Mining Technology atau CUMT, mendapat  uang 21 juta dan segudang ilmu yang bermanfaat.

 

Buku berjudul “Blogger Ternama” merupakan sebuah buku yang diterbitkan dari hasil menulis di blog selama 6 bulan. Buku ini diterbitkan oleh Pak Wiranto dari penerbit Camp Pustaka. Isinya kisah nyata Om Jay meulis di blog dan menjadi blogger ternama. Lewat buku ini Beliau mengajak kawan kawan guru untuk menulis di blog dan kemudian merajut tulisannya menjadi buku yang layak jual. Jadi tidak mengajari guru cara membuat blog. Sebab cara membuat blog dapat dengan mudah kita dapatkan di google.com dan youtube.com. Banyak orang baik yang sudah menuliskannya di internet.

 

Blogger ternama ditulis dari kisah kisah inspiratif bagaimana seorang guru yang biasa saja dapat menjadi guru yang luar biasa. Bahkan berkat rajin menulis di blog Om Jay diundang keliling Indonesia. Sedangkan buku berjudul “Menulislah Setiap Hari” adalah buku pertama kali yang Beliau  terbitkan di penerbit mayor. Perlu waktu 3 tahun menerbitkan bukunyakarena  masih belum percaya diri menerbitkan buku. Sebab seringkali ditolak oleh penerbit mayor.

 

Namun Beliau  tak pernah putus asa. Buku akhirnya jadi berkat jasa mbak Abdah Khan. Berkat beliau buku itu menjadi enak dan renyah dibaca. Kemudian buku itu diterbitkan oleh penerbit Indeks Jakarat dengan editor mas Yuan Acita. Sampai sekarang Beliau belum pernah bertemu orangnya. Kabarnya ada di Padang. Berkat tangan dingin Mas Yuan Acita buku ini laku keras dan tersebar ke seluruh Indonesia. Berkat buku tersebut Om Jay membeli rumah baru. Tidak besar tapi cukup untuk berlibur bersama keluarga di Wanaraja Garut Jawa Barat.

 

Berdasarkan cerita dari kisah sang blogger ternama tersebut terkandung makna bahwa

kolaborasi antara penulis dan editor itu sangat  penting. Karena keempat buku yang Om Jay terbitkan adalah berkat kolaborasi antara penulis dan editor. Penerbit yang baik tentu memerluakn waktu dalam proses editingnya. Hal ini kurang disadari oleh para penulis pemula. Apalagi buat kawan guru yg menulis hanya untuk kenaikan pangkat. Jadi menulis buku itu bertujuan berbagi ilmu dan pengalaman. Bukan sekedar menambah point untuk kenaikan pangkat saja.

 

Saya sangat tertarik dengan kuliah Om Jay terkait dengan buku yang diangkat dari hasil PTK. Beliau. Karena hampir sama dengan kegiatan saya sealama masa pandemic Covid-19, saya berusaha mengisi waktu luang saya untuk menulis buku yang diangkat dari hasil PTS saya, bestpractice saya, dan hasil Tesis saya. Alhamdulillah ketiga buku tersebut sudah diterbitkan oleh penerbit Rumah Kita Semarang dan ber-ISBN. Buku yang diambil dari hasil PTS saya berjudul “Supervisi Edukatif Kolaboratif”. Sedangkan yang diambil dari best practice saya berjudul “Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Pendekatan Kemitraan” dan yang diambil dari tesis saya berjiudul “Perbedaan Sikap Belajar, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar IPS dengan Model Discovery Learning dan Konvensional. Ketiga buku tersebut Alhamdulillah laku untuk dijual tetapi tidak sehebat buku Om Jay.

Kecuali tiga buku tersebut di atas saya juga mencoba membuat buku lain yang berjudul “Pembelajaran Model Discovery Learning di Sekolah Dasar” sebagai buku saya yang keempat. Buku saya yang kelima berjudul “Pendekatan saintifik di Sekolah Dasar” dan buku keenam saya berjudul “Cara Cepat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar”. Ketiga buku tersebut baru proses penerbitan pada salah satu penerbit di Yogyakarta.

Pada awalnya saya menulis buku juga hanya untuk mengisi waktu luang saja dan berharap dapat untuk usul kenaikan pangkat saja. Setelah saya mengikuti diklat belajar menulis bersama Om Jay. Terbersit cahaya harapan untuk bisa seperti Om Jay. Karya Beliau bisa laku keras sehingga membawa Beliau menjadi seorang Blogger Ternama yang dikenal seantero jagad. Subhanallah luar biasa….

 

Salam Sukses untuk semuanya ….

Mari Kita Berkarya …

Lewat Blog….sehingga menjadi seorang Blogger terkenal…he..he

 

 



3 komentar: